Kamis, 12 Maret 2015

Getuk Goreng Sokaraja Banyumas




            Jika Anda semua menyukai traveling, khususnya saat berwisata ke banyumas, kurang lengkap rasanya jika anda semua tidak mencicipi salah satu kuliner khas Banyumas yaitu getuk goring. Makanan ini dapat ditemukan di berbagai tempat wisata seperti di pasar, di pinggir jalan, dan ditempat oleh oleh.

         
           Anda tahu cara membuat getuk goreng ? Anda tidak perlu khawatir karena ada cara pembuatan getuk goreng asli Sokaraja, Banyumas. Resep ini dapat menghasilkan getuk goreng yang enak rasanya, gurih, dan tentunya dengan menggunakan bahan bahan yang halal.
           
           Berikut ini adalah bahan bahan yang dapat Anda pergunakan untuk membuat getuk goreng yang rasanya nikmat, gurih, dan menggugah selera Anda. Yang pertama singkong sebanyak 1 kg, pastikan dicuci terlebih dahulu. Lalu gula merah atau yang biasa disebut gula jawa, beri secukupnya saja. Lalu tepung beras 75 gram dan tepung terigu kira kira 1 sendok makan. Terakhir garam secukupnya dan minyak goreng.
         
            Cara memasaknya yaitu kupaslah singkokng kemudian buang sabutnya, setelah itu potong singkong dan direbus hingga matang. Lalu irirs halus gula jawa, tambahkan sedikit air kemudian rebus sampai gula melumat dan tercampur dengan air. Lalu lumatkan singkong dan tambahkan gula secara bertahap sampai tercampur rata untuk membuat getuk. Setelah itu Anda campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, serta air secukupnya sampai jadi adonan yang cukup kental. Selanjutnya letakan getuk singkong diatas nampan kemudian ratakan dengan tebal 2 cm lalu potong kotak 5x4 cm. Setelah itu panaskan minyak goreng kemudian ambil getuk goreng lalu celupkan getuk ke dalam adonan. Gorenglah getuk sampai warnanya kekuning kuningan, angkat lalu tiriskan. Letakan getuk goreng tersebut di piring dan Anda juga dapat menghiasi getuk goreng tersebut dengan saus/sambal, sayuran, mentimun, dan lain sebagainya. Getuk goreng siap disantap. Lebih enak dinikmati saat getuk goreng masih panas dan disandingkan dengan kopi hitam yang panas.



1 komentar:

  1. Getuk itu enaknya dimakan sama kopi putih, kopi hitam nang moto ora APIK!

    BalasHapus